Apa saja yang sudah bisa dilakukan si kecil? Mengapa anak tetangga sebelah yang seusia dengan si kecil sudah bisa mengucapkan "mama" tetapi mengapa si kecil belum? Sebenarnya apa saja yang seharusnya sudah dapat dilakukan si kecil pada usianya sekarang? Dalam tumbuh kembangnya, si kecil akan mengalami berbagai tahapan yang harus diperhatikan. Sangatlah menyenangkan untuk mengamati dan membantu anak sejak bayi menjadi balita agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.
Tahap Perkembangan Anak
Melihat hal-hal pertama yang bisa dilakukan si kecil, bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan sebagai orang tua. Melihatnya tertawa, mendengarnya mengucapkan kata pertama, melihatnya berdiri atau berjalan dapat menjadi moment yang tak terlupakan. Walau kadang terlambat, orang tua dapat memberi dukungan untuk anak, maka sangatlah penting untuk mengetahui apa saja tahapan yang akan dilalui si kecil seiring bertambah usianya.
Tumbuh kembang seorang anak, dibagi menjadi 3 hal, yaitu:
Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa
Merupakan kemampuan untuk mendapatkan informasi dari sekitar juga menggunakan bahasa.
Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik
Merupakan kemampuan anak untuk melakukan gerakan atau aktivitas fisik menggunakan anggota tubuhnya.
Kemampuan Sosial / Emosional
Merupakan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain untuk menunjukkan perasaannya.
Berikut ini adalah tahapan perkembangan seorang anak berdasarkan usia. Meski perkembangan setiap anak tidak selalu sama, namun angka ini bisa menjadi acuan umum.
Usia 0-2 bulan |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Senang melihat benda yang bergerak diikuti dengan gerakan mata atau kepala.
- Membuat suara yang nyaring.
- Mengenali suara orang lain dan tahu darimana asalnya.
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Membuat ekspresi wajah yang berbeda.
- Merespon saat merasakan sentuhan.
- Sering mengisap jari atau menggunakannya untuk menyentuh benda di sekitarnya.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Senang menatap wajah orang.
- Menangis dengan tangisan yang berbeda untuk menunjukkan rasa lapar, sakit atau mengantuk.
- Tersenyum
|
Usia 3-6 bulan |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Berkreasi dengan suaranya sendiri.
- Senang memperhatikan orang berbicara, khususnya yang berbicara dengan gaya seperti bayi.
- Dapat mengucapkan satu suku kata mudah seperti "pa", "ma", "ba".
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Duduk tanpa bersandar.
- Memegang dan menggenggam benda.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Dapat menunjukkan senyuman yang berbeda-beda.
- Suka bermain dengan bayi lain.
- Merespons suara dengan sentuhan.
|
Usia 7-12 bulan |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Dapat menunjuk kepada sesuatu dengan kata-kata atau dengan bahasa isyarat.
- Mengerti perintah. Misalnya: "Ayo, kesini!"
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Dapat bermain dengan benda yang digenggamnya dengan menggunakan ibu jari dan jari-jarinya.
- Merangkak
- Berjalan dengan memegang perabot yang ada di rumah atau dengan bantuan orang lain.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Dapat menunjukkan rasa marah, takut atau cemas.
Mengajak orang lain ke suatu tempat dengan cara menunjuk suatu tempat atau mengikuti tempat yang ditunjuk orang lain
|
Usia 12-18 bulan(1 tahun sampai 1,5 tahun) |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Berbicara dengan menggunakan belasan kata.
- Melakukan beberapa tindakan untuk menyelesaikan masalah.
- Mengerti kalimat pertanyan seperti "Dimana bonekamu?"
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Dapat berdiri sendiri.
- Mampu berjalan tanpa berpegangan.
- Dapat mejaga keseimbangan.
- Dapat meniru kegitan yang biasa dilakukan. Misal: minum dari gelas mainan.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Bersuara dengan menggunkan intonasi yang berbeda-beda untuk menunjukkan perasaannya.
- Berusaha menolong orang yang kesakitan.
|
Usia 19-24 bulan(1,5 tahun sampai 2 tahun) |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Memiliki lebih banyak kosakata yang dapat diucapkan juga dipahami.
- Mampu menggunakan dua kata dalam suatu kalimat.
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Dapat berlari.
- Makan sendiri.
- Memberi petunjuk saat akan buang air dan sudah dapat menahannya.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Dapat menunjukkan rasa malu, iri, rasa bersalah.
- Mengenali diri saat di cermin.
|
Usia 2-3 tahun |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Dapat meniru tindakan orang dewasa yang rumit.
- Suka untuk menonton TV.
- Berbicara untuk meminta sesuatu atau mengajak melakukan sesuatu.
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Dapat menggambar meniru pola tertentu.
- Naik tangga dengan 2 tapak kaki di setiap anak tangga.
- Menyusun balok.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Dapat menceritakan perasaannya.
- Dapat membedakan laki-laki atau perempuan.
|
Usia 3-6 tahun |
| Kemampuan Mental / Berpikir / Berbahasa- Berbicara dengan menggunakan kalimat panjang dan mengandung beberapa ide.
- Mampu menanyakan pertanyaan yang sulit.
- Dapat bercerita tentang peristiwa tertentu.
| Kemampuan Fisik / Motorik / Sensorik- Naik turun tangga dengan menggunakan 1 kaki di tiap anak tangga.
- Menulis hal-hal yang sederhana, seperti namanya sendiri.
- Suka jenis makanan tertentu.
| Kemampuan Sosial / Emosional- Jika bermain dengan anak lain, suka mendominasi atau didominasi.
- Dapat menyembunyikan emosinya, seperti rasa malu.
- Mempunyai teman "dekat" yang memiliki kegemaran yang sama.
|
Mengetahui tahap perkembangan anak Anda dapat menjadi petunjuk bagi orang tua. Jika kemampuan anak belum sesuai dengan usianya, orang tua dapat membantu misalnya dengan menggunakan mainan untuk menstimulasi otak atau kemampuan fisiknya. Atau mengajak anak melakukan hal-hal bersama. SOURCE
Artikel Terkait: